Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar


jalanlain.com - Pena Guru.  Di era sebagai digital ini sudah bisa dipastikan bahwa mayoritas siswa sudah sangat dekat dengan yang namanya gadget. Ya Handphone menjadi budaya baru dalam keseharian kita di sekolah. Bahkan banyak dari kita menjadi HP sebagai sumber informasi primer dalam menjawab permasalahan baik dunia kerja maupun di lembaga pendidikan seperti sekolah. Bahkan anak TK pun ketika mendapatkan PR dari gurunya mencari jawabannya di google bukan di perpustakaan. Fenomena ini perlu disikapi dengan bijaksana dan kreatif. 

Blog sebagai media digital untuk  tempat mempublish berbagai media misal berupa text, gambar dan video menjadi alternatif dalam menyediakan sumber belajar yang akurat dan komunikatif bagi siswa kita.

Pemanfaatan blog sebagai sumber belajar menjadi solusi bagi kebutuhan informasi yang langsung dari gurunya melalui media blog.
Guru dalam menyediakan sumber belajar kepada siswa dengan memanfaatkan blog dalam menyimpan materi, tugas dan video tutorial yang disematkan dalam blog.

Materi yang berupa text dalam blog bisa langsung di ketikkan di dalam blog. Dengan membuat postingan baru maka didalam blog sudah tersedia berbagai fitur untuk menulis sesuai dengan keinginan kita. Mulai dari pemilihan font, tata letak tulisan, besar kecil huruf, warna dan pengaturannya lengkap tersedia.

Sumber belajar yang berupa gambar mudah ditambahkan dalam blog. Tinggal klik tanda insert gambar maka aplikasi blog akan mengarahkan ke gambar yang akan digunakan sebagai sumber belajar. Klik unggah untuk memasukkan ke dalam Pustaka media.

Untuk soal ujian, guru bisa menambahkan soal yang dibuat dari Google form. Sematkan pada postingan baru dengan mengambil kode html saat settingan embed di google form.

Pembelajaran yang menggunakan video juga bisa disematkan di blog kita. Klik insert video lalu cari link YouTube yang akan kita sematkan baru di klik ok. Video siap ditonton di blog.

Kelebihan dalam memanfaatkan blog sebagai sumber balajar karena aplikasi blog tersedia versi gratis baik blogspot maupun woordpress.

Silahkan berkreasi untuk menjadikan blog sebagai alternatif dalam menyediakan sumber belajar kepada siswa kita. Selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar"