LOGIN DENGAN BELAJAR.ID, PLATFORM MERDEKA MENGAJAR LANGSUNG AKTIF

Jalanlain.com - Inovasi untuk Negeri. Mencari solusi terbaik dari hal yang tak biasa menjadi tujuan jalanlain.com. jalain lain yang dimaksud bukan menabrak tatanan yang sudah biasa namun mencari cara, metode, langkah dan penyelesaian yang lain dan kreatif untuk mencapai tujuan yang sama.

Bukan jalanlain.com jika tak berbagi ilmu dan menebar pengalaman dalam bingkai inovasi untuk negeri.

Sekarang jalanlain.com akan berbagi informasi tentang tata cara mengakses dan menggunakan Platform Merdeka Mengajar berdasarkan surat edaran Dirjen GTK Nomor 0510/B/BS.01.01/2022 tertanggal 27 Januari 2022 dijelaskan dalam lampiran sebagai berikut :

1. Mengakses Platform Merdeka Mengajar. Platform Merdeka Mengajar dapat diakses melalui :
2. Login ke Platform Merdeka Mengajar
Login dapat dilakukan dengan menggunakan Akun Pembelajaran. Pastikan Tenaga Pendidikan dan Dinas Pendidikan sudah mengaktifkan Akun Pembelajaran. Selanjutnya, masukkan informasi provinsi, sekolah, kelas, dan mata pelajaran di mana Guru dan Tenaga Pendidikan mengajar. Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan : https://bit.ly/loginPMM atau gambar berikut ini :


3. Menggunakan Perangkat Ajar Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Perangkat Ajar untuk melakukan kegiatan berikut:
  1. mencari modul ajar, buku teks, buku murid, atau buku guru berdasarkan mata pelajaran dan fase yang diinginkan. Selain itu, Guru juga dapat melakukan pencarian lebih spesifik dengan fitur filter; 
  2. mengunduh dan menyimpan modul ajar dan buku teks ke dalam memori lokal gawai. Beberapa buku teks yang terunduh akan dilampirkan markah tirta/watermark; dan 
  3. dengan membuat folder baru, guru dapat mengelompokkan Perangkat Ajar berdasarkan kebutuhannya. Perangkat Ajar dapat diakses secara lebih cepat dan dikelola ke dalam berbagai jenis folder yang disimpan di dalam platform dengan fitur "menandai". 
Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan : https://bit.ly/PerangkatAjarPMM


4. Menggunakan Laman Kelas dan Asesmen Tenaga Pendidik di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Laman Kelas untuk melakukan kegiatan berikut : 
a. melihat daftar kelas dan daftar asesmen yang dibagikan;
b. menambah kelas baru;
c. mengubah nama kelas; dan
d. menambah atau menghapus data murid.

Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan: https://bit.ly/KelasPMM

 
Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Asesmen untuk melakukan kegiatan berikut: 
a. melakukan asesmen diagnostik di awal tahun pembelajaran agar dapat melakukan perencanaan lebih lanjut untuk metode pembelajaran berikutnya dengan dukungan dan rekomendasi perangkat ajar; 

  • Melihat hasil penilaian asesmen dalam bentuk hasil penilaian kelas maupun hasil penilaian individu murid. Hasil penilaian kelas mencakup level kompetensi sebagian besar murid di kelas. Sedangkan, hasil penilaian individu murid akan menampilkan detail analisis tingkat kompetensi murid;
  • Mendistribusikan asesmen murid secara daring (online) atau luring (offline); dan
  • Melakukan penilaian secara manual untuk jawaban uraian. Penilaian untuk jawaban pilihan ganda akan dilakukan secara otomatis oleh sistem jika distribusi asesmen dilakukan secara daring (online).
Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan :  https://bit.ly/AsesmenPMM



5. Menggunakan Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi. Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Pelatihan Mandiri untuk melakukan kegiatan berikut :

a. mempelajari materi pelatihan dalam bentuk teks, video, kuis dan penulisan refleksi; dan
b. mengevaluasi hasil pembelajarannya dengan post-test.

Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Video Inspirasi untuk mengakses kumpulan video inspiratif dengan berbagai topik pembelajaran yang telah dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi serta para ahli sebagai referensi praktik ajar untuk mendukung pengembangan kompetensinya

Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan : https://bit.ly/VideoPelatihanPMM


6. Menggunakan Bukti Karya Saya
Tenaga Pendidikan di seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan produk Bukti Karya Saya untuk melakukan kegiatan berikut :
  1. Mengimpor video bukti karya pribadi yang sudah diunggah ke YouTube ke platform Merdeka Mengajar;
  2. Membagikan video bukti karya pribadi ke rekan guru dan kepala sekolah.

Untuk gambaran alurnya dapat dilihat pada infografik pada tautan : https://bit.ly/BuktiKaryaPMM



Semoga kedepannya lebih baik lagi. Belajar Terus, Teruslah Belajar.

MAU TAHU TENTANG  "GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION " KLIK DISINI 

Posting Komentar untuk "LOGIN DENGAN BELAJAR.ID, PLATFORM MERDEKA MENGAJAR LANGSUNG AKTIF "