Lokakarya 5 Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Sampang : Kolaborasi Dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid


Jalanlain.com.- Sahabat Guru Indonesia. Pelaksanaan Lokakarya 5 Pendidikan guru Penggerak Angkatan 6 Kabupaten Sampang tersebar dalam 3 tempat yang berbeda. Jika dilihat dari surat perintah tugas baik dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang maupun Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pepelaksanaapokakarya ini berada di SDN Banyuanyar 1, SDN Dalpenang 1 dan SMAS Sabilillah Kab. Sampang dengan waktu pelaksanaan tepat pada Hari Minggu tanggal 19 Maret 2023 dimulai pukul 08.00 s/d 15.30 WIB. 

Untuk membuat pelaksanaan lokakarya  yang lebih baik lagi, pelaksanaan yang Awalnya di SMAS Sabilillah dipindah ke MI Internasional Sabillah karena sekolah ini memiliki sarana dan prasarana yang lebih baik dan lengkap dengan lingkungan belajar yang kondusif. 

Pelaksanaan lokakarya 5 angkatan 6 Kab. Sampang dimulai tepat jam 08.00 - 15.30 dengan 5 sesi yang disusun secara estafet mulai pembukaan sampai penutup dengan pengajar praktek yang sudah dibagi sesuai dengan kelas yang telah dibentuk secara acak oleh BBGP Jatim sehingga setiap loka akan berbeda baik PP maupun CGP agar saling kenal sesama CGP se Kabupaten Sampang. 

Menurut M Toni Satria Dugananda, ST  sebagai penanggung jawab dari BBGP Jatim di Lokasi SMAS Sabilillah melakukan pertemuan dengan seluruh pengajar praktek dan mengharap lokakarya 5 ini banyak menghasilkan program-program sekolah yang berdampak pada murid.  Semuanya wajib berdampak murid ungkapnya. 

Pembelajaran diawali dengan diskusi dengan tema tahapan B dan A pada Tahapan B-A-G-J-A. Pada sesi ini CGP berdiskusi tentang Tahapan B (buatlah pertanyaan) dan Tahapan A (ambil pelajaran) secara berpasangan dan saling memberikan umpan balik untuk menyempurnakan kanvas BAGJA yang dibuat secara berkelompok. Setelah selesai diskusi, para CGP diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergiliran. 

Ice breaking menjadi selingan yang mengasikkan saat CGP sudah mulai turun konsentrasinya yang dipandu oleh Ibu Nurul Hayati dan Ibu Hasaniyah. Makin asyik saat semua bergoyang bersama-sama. 

Pembelajaran kedua  berupa perencanaan penetapan aktor dalam tahapan G (gali mimpi)  serta strategi penentuan aktor dalam gali mimpi. Pada sesi ini CGP melakukan diskusi dan presentasi sama seperti sesi sebelumnya. Suasana tambah seru saat presentasi dimulai. Tiap kelompok menampilkan mimpi-mimpi program yang akan dibuat CGP nantinya. 

Pembelaajaran ke-3 terkait pembuatan program yang berpihak murid. Sama dengan model pembelajaran sebelumnya pada sesi ini peserta lokakarya berdiskusi secara berpasangan dengan CGP yang lain namun pengerjaannyan secara individu. Hal yang berbeda pada sesi ini adalah adanya galery work. Semua CGP berjalan mendatangi ke masing-masing CGP untuk saling memberikan masukan dan pertanyaan seputar program yang dibuat. 

Acara terakhir dengan membuat kesimpulan dan refleksi bagi calon guru penggerak selama seharian mengikuti lokakarya 5. Mayoritas CGP memberikan testimoni bahwa mereka sangat senang mengikuti acara dan berharap mampu menerapkannya di sekolah masing-masing. Semoga!

Posting Komentar untuk "Lokakarya 5 Calon Guru Penggerak Angkatan 6 Kab. Sampang : Kolaborasi Dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid"