Ternyata ini alasannya kenapa pendidikan Guru Penggerak angkatan 4 dan 5 dihentikan sementara !


Jalanlain.com - EduNews. Kabar dihentikannya progran Guru penggerak angkatan 4 dan 5 menjadi kabar yang membuat jagad pendidikan Indonesia menjadi heboh. Bagaimana tidak, program pendidikan penggerak yang digadang-gadang menjadi tonggak sejarah peningkatan kompetensi Guru sebagai pemimpin pembelajaran, tiba2 dihentikan sementara melalui surat Nomor 1560/B3/GT.03.15/202 tertanggal 20 Juni 2022 yang berisi perihal penghentian sementara pelaksanaan pendidikan Guru penggerak khususnya PGP angkatan 4, PGP 5, PGP Rekognisi dan PGP daerah khusus. 

Walau penghentian nya bersifat sementara namun surat ini membuat heboh dan khawatir para calon Guru penggeeak yang baru memulai tahapan seleksi  khususnya angkatan 6 dan 7. Jangan-jangan progran PGP akan dihentikan secara permanen. 

Kalau mencermati surat dan penjelasan dari pihak kemendikbudristek bahwa penghentian ini disebabkan adanya  surat dari sekretaris jenderal kemendikbudristek Nomor : 37869/A.A2/KU.02.01/2022 yang berisi tentang Proses Likuidasi sebagai Dampak Perubahan Struktur Organisasi di Lingkungan Kemdikbudristek Tahun 2022 tertanggal 10 Juni 2022.
Dalam berbagai kesempatan pihak kemendikbudristek menjelaskan penghentian sementara kegiatan pendidikan Guru penggerak karena adanya perubahan nama pada lembaga satker Guru penggerak yakni P4TK dan LPMP menjadi Balai Besar  Guru Penggerak dan balai Guru penggerak. Perubahan nama membuat perubahan DIPA dan MoU dengan lembaga tersebut. Sedangkan untuk PGP angkatan 6 dan 7 sudah dikelola oleh BBGP dan BGP masing-masing propinsi sehingga tidak mengalami penghentian. 

Jadi yang mengalami penghentian sementara hanya yang dikelola Oleh LP4TK dan LPMP sebelum mengalami perubahan nama. Jadi penghentian ini bukan substansi kegiatan namun hanya sekedar administratif jadi sesuai jadwal kegiatan yang tertera pada surat edaran tersebut kegiatan PGP akan segera dilanjutkan. Semoga!

Belajar terus Teruslah belajar! 

Berikut surat dari kemendikbudristek terkait penghentian sementara pendidikan Guru penggerak. 

Posting Komentar untuk "Ternyata ini alasannya kenapa pendidikan Guru Penggerak angkatan 4 dan 5 dihentikan sementara ! "