Petualangan Berkesan Mahasiswa S2 Unitomo : Dari Digital Leadership hingga Dinamika Outbound di Trawas

jalanlain.com.- EDUNEWS. Pada pagi hari tanggal 28 Juni 2024, sinar matahari menyinari perbukitan Trawas, Mojokerto dengan lembut, menyambut kedatangan mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan dari Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya di Hotel Arayanna. Mahasiswa ini datang dari berbagai penjuru Kabupaten di Madura seperti Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. Dengan jumlah total 32 mahasiswa dari dua angkatan – 17 mahasiswa dari angkatan 11 dan 15 mahasiswa dari angkatan 11 – serta didampingi oleh 7 dosen, mereka berkumpul dengan penuh antusias untuk memulai acara Outdoor Education yang telah lama dinantikan. Udara segar pegunungan dan pemandangan hijau yang asri menyambut kedatangan mereka, mengusir lelah setelah perjalanan panjang.

Hari pertama dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh Bapak Ardiansyah, salah satu dosen yang dikenal karena kehangatannya dalam berinteraksi. Dengan senyum ramah, Bapak Ardiansyah mengajak para mahasiswa untuk memperkenalkan diri satu per satu. Sesi perkenalan ini bukan hanya sekadar formalitas, tetapi juga bertujuan untuk menciptakan rasa kebersamaan sejak awal. Mahasiswa berbagi cerita tentang latar belakang dan motivasi mereka dalam menempuh studi S2 di bidang Teknologi Pendidikan, menciptakan suasana yang hangat dan penuh keakraban.

Setelah sesi perkenalan yang penuh canda tawa, para mahasiswa diberikan waktu untuk beristirahat sejenak. Mereka memanfaatkan waktu ini untuk menikmati suasana pegunungan dan mempersiapkan diri untuk acara utama di malam hari.

Saat malam tiba, para mahasiswa berkumpul kembali di aula utama untuk mengikuti sesi Digital Leadership yang dipandu oleh Bapak Rendra, seorang dosen Pascasarjana Unitomo yang ahli dalam bidang kepemimpinan digital. Dengan penuh semangat, Bapak Rendra mengajak para mahasiswa untuk memahami pentingnya kepemimpinan di era digital. Ia memulai dengan sebuah pertanyaan yang memicu pemikiran: "Apa yang membedakan pemimpin di era digital dengan pemimpin di era sebelumnya?"

Bapak Rendra menjelaskan berbagai konsep penting dalam kepemimpinan digital, seperti pentingnya adaptabilitas, inovasi, dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung pengambilan keputusan. Para mahasiswa tampak sangat antusias, mencatat poin-poin penting dan aktif bertanya. Salah satu momen yang paling berkesan adalah ketika Bapak Rendra mempresentasikan studi kasus tentang sebuah sekolah yang berhasil meningkatkan kinerja dan partisipasi siswa melalui penggunaan teknologi digital. Para mahasiswa diajak untuk menganalisis dan memberikan pandangan mereka, menciptakan diskusi yang sangat hidup dan mendalam.

Setelah pemaparan materi yang intensif, sesi dilanjutkan dengan evaluasi melalui Quizis, sebuah aplikasi kuis interaktif yang memungkinkan para mahasiswa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disusun berdasarkan materi yang telah dipresentasikan. Para mahasiswa berlomba-lomba untuk meraih skor tertinggi. Ketegangan dan kegembiraan terasa di ruangan saat nama pemenang diumumkan. Bapak Sayyadi, mahasiswa S2 angkatan 11, berhasil meraih nilai tertinggi, dan mendapatkan apresiasi dari Bapak Rendra dan seluruh peserta. Kegiatan hari pertama ini memberikan wawasan baru dan semangat kepada para mahasiswa, yang kemudian kembali ke kamar masing-masing dengan kepala penuh inspirasi dan antusiasme untuk hari berikutnya.

Keesokan paginya, pada tanggal 29 Juni 2024, suasana semakin meriah saat para mahasiswa bersiap untuk kegiatan outbound yang telah dipersiapkan dengan baik. Kegiatan dimulai dengan acara jalan santai di sekitar Hotel Arayanna. Udara pagi yang sejuk dan pemandangan alam yang indah membuat jalan santai ini sangat menyenangkan. Para mahasiswa berbincang-bincang ringan sambil menikmati keindahan alam sekitar. Setelah jalan santai, mereka menikmati sarapan di restoran hotel, menambah energi untuk menghadapi kegiatan selanjutnya.

Setelah sarapan, para mahasiswa berkumpul di halaman luas Hotel Arayanna untuk memulai kegiatan outbound. Kegiatan ini diawali dengan penyematan pita warna-warni untuk membagi mereka menjadi empat kelompok. Setiap kelompok diberi pita dengan warna yang berbeda: merah, oranye, putih, dan hijau. Penyematan pita ini dilakukan dengan penuh semangat dan canda tawa, menciptakan suasana yang penuh semangat kebersamaan.

Permainan pertama yang dilakukan adalah dinamika kelompok dengan permainan joged cecak di dinding. Para peserta menari dengan gerakan yang unik dan lucu, memecah kebekuan dan membangun semangat tim. Setelah itu, mereka melanjutkan dengan permainan memindahkan balon yang menuntut kerja sama dan koordinasi yang baik antar anggota tim. Suara sorak sorai dan tawa menggema di seluruh area, menciptakan suasana yang penuh keceriaan.

Permainan lainnya juga tak kalah seru, seperti permainan saling tembak antar kelompok dengan bola. Setiap tantangan dihadapi dengan semangat kebersamaan dan rasa saling mendukung. Melalui permainan ini, para mahasiswa belajar pentingnya komunikasi yang efektif dan strategi dalam mencapai tujuan bersama.

Setelah serangkaian permainan yang menguji kekompakan dan kreativitas, tibalah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu pengumuman kelompok pemenang. Dengan penuh antusias, Bapak Bambang selaku pemandu outbound mengumumkan bahwa kelompok merah keluar sebagai pemenang. Sorak sorai kemenangan terdengar dari kelompok merah, sementara kelompok lain memberikan tepuk tangan sebagai tanda apresiasi. Kegiatan ini memberikan pengalaman berharga tentang pentingnya kerja sama dan inovasi dalam mencapai tujuan.

Acara outbound diakhiri dengan makan siang bersama di restoran Hotel Arayanna. Meja-meja diatur dengan rapi, menyajikan berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Suasana makan siang dipenuhi dengan percakapan hangat dan canda tawa. Para mahasiswa dan dosen berbagi cerita tentang pengalaman mereka selama dua hari kegiatan, membangun hubungan yang lebih erat dan akrab.

Acara diakhiri dengan pesan penutup dari Bapak Ardiansyah. Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan ini, dan berharap bahwa pengalaman yang didapat selama dua hari ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para mahasiswa dalam perjalanan akademik dan karir mereka. Para mahasiswa pun memberikan apresiasi mereka dengan tepuk tangan yang meriah, menunjukkan rasa puas dan bahagia mereka atas seluruh rangkaian acara.

Ketika matahari mulai tenggelam di balik bukit, para mahasiswa bersiap untuk kembali ke Madura. Dalam perjalanan pulang, mereka singgah di beberapa tempat menarik. Mereka mampir untuk berbelanja ketela madu, oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Selain itu, mereka juga berhenti di Cimory Prigen, tempat terkenal dengan produk olahan susu dan pemandangan yang indah. Di sini, para mahasiswa berkesempatan untuk membeli berbagai produk olahan susu sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Dengan perasaan puas dan kenangan indah, para mahasiswa melanjutkan perjalanan kembali ke Madura. Mereka membawa pulang tidak hanya pengetahuan dan keterampilan baru, tetapi juga kenangan indah dan rasa kebersamaan yang kuat. Kegiatan Outdoor Education di Hotel Arayanna Trawas Mojokerto ini telah memberikan mereka pengalaman belajar yang berbeda dan bermakna, yang akan selalu dikenang dalam perjalanan mereka sebagai mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan di Unitomo.

Posting Komentar untuk "Petualangan Berkesan Mahasiswa S2 Unitomo : Dari Digital Leadership hingga Dinamika Outbound di Trawas"