TIM MBKM MAGANG DESA UTM MEMBERIKAN SOSIALISASI MENGENAI PEMBUKUAN KEUANGAN SECARA DIGITAL KEPADA UMKM DI DESA KLOMPANG BARAT PAMEKASAN


jalanlain.com - Sahabat Guru Indonesia. Tim MBKM Magang Desa UTM di Desa Klompang Barat, Kecamatan Pakong, Kabupaten Pamekasan, melakukan pendampingan UMKM Tempe Sumber Rezeki dalam kegiatan sosialisasi 'Digitalisasi dan Branding Usaha di Era digital'. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 4 November 2023 yang bertempat di rumah Bapak Sugianto selaku pemilik UMKM Tempe Sumber Rejeki. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Pemateri, Pendamping Lapang, Pemilik UMKM Sumber Rejeki beserta 10 audiens.

Berdasarkan hasil wawancara Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat UTM dengan banyaknya UMKM di Desa Klompang Barat, rata-rata permasalahan yang sering dialami di Desa Klompang Barat adalah kurangnya pemahaman dalam mengelola keuangan usahanya. Dari permasalahan tersebut, Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat memiliki inisiatif untuk dapat membantu UMKM yang ada di Desa Klompang Barat.

Oleh karena itu, Tim MBKM Magang Desa UTM mengajak salah satu UMKM di Desa Klompang Barat yaitu UMKM Sumber Rejeki untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan diperkenalkan melalui aplikasi 'Teman Bisnis'. Aplikasi tersebut merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu dengan mudah dalam mengelola keuangan usaha secara mandiri tanpa menyewa akuntan atau karyawan untuk mengelola keuangan usaha tersebut.

Alasan memilih UMKM Sumber Rejeki yaitu salah satu UMKM yang sangat berpotensi besar di Desa Klompang Barat. Selain itu alasan menggunakan aplikasi 'Teman Bisnis' yaitu salah satu aplikasi yang memiliki fitur seperti transaksi pemasukan dan pengeluaran, bahkan aplikasi teman bisnis juga dapat membantu mengelola persediaan barang dagang.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini yaitu pemaparan yang disampaikan oleh Kak Aldi mengenai pentingnya pencatatan keuangan dan mengenalkan aplikasi teman bisnis, serta praktik dan pendampingan langsung penggunaan aplikasi tersebut yang didampingin oleh tim MBKM Magang Desa Klompang Barat. Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan agar masyarakat khususnya pelaku usaha menyadari bahwa pentingnya memanfaatkan digitalisasi dalam melakukan branding khususnya pengolahan keuangan dan pentingnya pencatatan keuangan dalam berusaha. Pada kegiatan sosialisasi yang berlangsung audiens memberikan respon yang baik.

 Dari hasil sosialisasi ke-2 dengan tema "Digitalisasi dan Branding Untuk Pengembangan Usaha di Era Digital diharapkan mampu memberikan pencerahan dan informasi mengenai betapa pentingnya di era digital terutama dalam membangun branding sebuah usaha dan pencatatan keuangan yang lebih mudah dan praktis. Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat juga berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ke-2 ini dapat memberikan kontribusi dan membantu dalam pengembangan UMKM di Desa Klompang Barat, Pamekasan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari jalanlain.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Guru Indonesia", caranya klik link https://t.me/guruindonesiagroup, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar untuk "TIM MBKM MAGANG DESA UTM MEMBERIKAN SOSIALISASI MENGENAI PEMBUKUAN KEUANGAN SECARA DIGITAL KEPADA UMKM DI DESA KLOMPANG BARAT PAMEKASAN"