Pemilu Raya OSIS SMKN 2 Sampang, Membiasakan Budaya Demokratis Sejak Dini

Pemilu  Raya Smekda 2022. (Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Jalanlain.com - Sahabat Guru Indonesia. Sebagai bentuk tanggung jawab moral untuk  melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang berkualitas, SMKN 2 Sampang (Smekda) menyelenggarakan pemilu raya dalam rangka memilih Ketua OSIS Baru periode 2022/2023. Bertempat di Halaman Depan smekda,  pemilihan dilakukan yang dihadiri seluruh civitas akdemika Sekolah Bertaraf internasional ini berjalan lancar dan meriah  (24/11/2022).

"Pemilu Raya Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS XII Periode 2022-2023 merupakan proses belajar demokrasi jejak dini" ungkap Haries Ali kepada jalanlain.com diruang kerjanya. Wakasek kesiswaan ini menambahkan bahwa siswa merupakan pemilih pemula yang perlu belajar demokrasi. Ini pengalaman bagi mereka bagaimana memilih seorang pemimpin.  Apalagi dalam waktu dekat akan ada ajang demokrasi besar  yang mereka akan ikuti. PEMILU 2024.

Pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS ini diikuti 3 pasang paket calon dari perwakilan kompetensi keahlian yang ada di SMEKDA. Untuik ketua berasal dari kelas XI sedangkan untuk wakil ketua berasal dari kelas X. Pasangan Calon 1  Muthar Dhiki & Sahrul Komar, pasang calon 2 Misbahatun & Andhika Nuur APS dan pan pasang calon 3 M Eka Bima Syahputra & Nor Wahyuni Putri. Ketiga pasang calon akan memperebutkan posisi ketua dan wakil ketua OSIS SMKN 2 Sampang.

Penyampaian Visi misi oleh Pasang Calon. (Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Pemilihan diawali dengan pemaparan visi misi oleh pasang calon. secara berurutan pasang calon memaparkan visi misi yang mereka akan lakukan jika terpilih menjadi ketua dan wakil ketua OSIS Angkatan XII. Tepuk tangan sorak sorai siswa saat pemaparan visi misi yang berkenaan program-program yang mereka sukai, misal turnamen futsal. 

  Bilik Suara. (Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Guru melakukan pencoblosan di biliki suara (Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Kegiatan dilanjutkan dengan pencoblosan. Para guru mengawali melakukan pencoblosan. Secara bergantian dewan  guru memasuki bilik suara untuk melakukan pendoblosan. Suasana meriah dan semangat optimis  terpancar dari pemilih saat keluar dari bilik suara. Tampak dari wajah mereka harapan bahwa SMKN 2 Sampang akan lebih maju ditangan calon ketua dan wakil ketua OSIS yang baru. Semu pemilih ditandai tinta diujung jari (jempol) bahwa pemilih sudah selesai melakukan pencoblosan.

Seoang Guru Menunjukkan jempol setelah melakukan pencoblosan . 
(Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Seteh para guru melakukan pencoblosan, dilanjutkan dengan dengan siswa. Antuasias  siswa sangat besar dibuktikan dengan partisipasi siswa yang menggunakan hak suaranya hampir mencapai 90%. "Memang kita harus membiasakan budaya demokratis sejak dini" ungkap Haries Ali Wakasek Kesiswaan SMKN 2 Sampang.

Penghitungan Hasil Suara (Foto oleh Ahmad Fauzi/jalanlain.com)

Sampai berita ini diturunkan, proses penghitungan suara, masih berlangsung. Siapapun pemenangnya semoga bisa mengemban amanah  memajukan SMEKDA lebih baik lagi. Amiin. (AF)

Posting Komentar untuk "Pemilu Raya OSIS SMKN 2 Sampang, Membiasakan Budaya Demokratis Sejak Dini"