MANAJEMEN SYUKUR

Jalanlain.com - Literasi''Tidakkah kamu memperhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan ingkar kepada Allah dan menjatuhkan kaumnya ke negeri kebinasaan?'' (QS Ibrahim: 28).

Jangan Hanya Meminta Tapi Bersyukurlah. Kata-kata ini sebenarnya lebih untuk reminder untuk pribadi saya. Kadang kita lebih banyak meminta kepada Allah tapi lupa untuk bersyukur. Kebanyakan mengeluh dengan keadaan dan berbagai kendala yang dihadapi.

Studi yang dilakukan di Stanford University pada tahun 1996 menjelaskan bahwa kebanyakan mengeluh ternyata dapat mengurangi volume bagian otak yang memiliki fungsi kognitif.
Bagian otak ini bernama Hippocampus dan sangat mempengaruhi daya ingat serta kemampuan beradaptasi dalam suasana baru. Fungsi bagian otak ini adalah untuk memecahkan masalah. Jika kamu kebanyakan mengeluh, siap-siap jika bagian otak ini semakin menipis nantinya.

Penelitian lain menyebutkan bahwa saat mengeluh, seseorang sedang berada dalam keadaan stres sehingga tubuh memproduksi hormon kortisol.
Jika hormon ini meningkat drastis, tekanan darah dan gula darah pun akan ikut naik, sehingga mempengaruhi metabolisme tubuh juga imunitas tubuh terganggu (menurun).

Ingat bahwa diri kita ini adalah orang yang sangat beruntung. Jika kita bisa bangun tidur di pagi hari dalam keadaan sehat wal'afiat dan dapat melakukan aktifitas dengan baik, maka kita lebih beruntung/bersyukur dari pada ratusan bahkan ribuan orang di dunia yang sedang mengalami sakit ingin bisa sehat.

Mungkin kita lagi mengalami kendala dalam bisnis, penjualan belum seperti yang diharapkan, banyak penolakan, mitra belum fight dan susah dihubungi, mitra kurang manut, dll. Maka kita sangat bersyukur dipertemukan bisnis BP ini. DIluar sana banyak bisnis tanpa mentor. Harus rela berpanas panasan dan hujan, serta ditungguin dari pagi sampai malam.
Setelah bersyukur maka
kendala yang kita hadapi dicarikan solusi, kemudian evaluasi diri dan ikhtiar untuk terus meningkatkan kapasitas diri.

Dalam bukunya The secret, syukur adalah anak tangga yang mutlak untuk mempercepat kesuksesan.

Dalam surat Ibrahim ayat 7, Allah berfirman Artinya: Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memaklumkan:"Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."

Dalam surat Al-Fatihah diawali dengan Alhamdulillahirrobbil'alamiin dan adab dalam do'a setiap memulai suatu acara mengucapkan Alhamdulillah. Artinya segala sesuatu diawali dengan rasa syukur dulu. Baru kemudian meminta.
Begitu juga dengan harapan-harapan atau impian atau afirmasi kita, seakan akan kita sudah mencapai harapan itu.

Manusia terdiri dari 70 persen air. Dalam bukunya Anthony dan Gray bahwa air seolah olah dapat mengerti bahasa manusia. Kristal air akan berubah bentuk mengikuti kata-kata yang dilontarkan manusia. Dan air memperagakan dalam bentuk yang menarik dan apik ketika dikumandangkan *rasa syukur dan cinta* dalam bahasa apapun..MasyaAllah
Jadi setiap kali kita mengucapkan rasa syukur dengan hati, seketika itu tubuh ini dibekali energi energi positif yang sangat diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Semoga kita dimudahkan untuk memperbanyak syukur jauhi mengeluh, Bersyukur dulu baru meminta.

Sumber : Husni/ Profit Protocol


Posting Komentar untuk "MANAJEMEN SYUKUR"